mungkin kamu kurang memperhatikan Fungsi Fruity Limiter yang tampilannya kurang menarik sehingga tidak di hiraukan. kan ada Fruity Compressor.......... yaaaah hampir sama sih cuma ini lebih berfisual HAHAHA..... selain taste/selera ada perhitungan juga untuk mengemix sebuah lagu (prosedur pribadi yang di dapatkan dari Sharing,pengetahuan dan pengalaman yang utama)
Fruity Limiter adalah Kompresor tunggal yang dapat gunakan pada satu instrument
di Mixer Fl studio di Post Input
untuk mendapatkan hasil master yang berkualitas baik dan juga dapat di gunakan
di post Output untuk mendapatkan
hasil finish yang baik pula. Juga sering di gunakan pada tiap audio instrument
yang terlanjur kurang kurang baik/over
limit/kelewat batas
Kapan menggunakan: Fruity Limiter sangat ideal untuk memaksimalkan & membatasi penekanan & membatasi suara individu atau melakukan tugas dasar 'noise gate'. Dan terkait Maximus (multiband kompresor / limiter / maximizer), Compressor Fruity, Fruity Multiband Compressor dan Soundgoodizer
CATATAN: Untuk menggunakan
Compressor atau Limiter
, putar Ceil Limiter atau Compressor threshold
untuk nilai maksimum masing-masing.
Compresor kontrol
Kompresi adalah bentuk kontrol gain otomatis
yang mengurangi rentang dinamis dari suara. Ketika
sinyal input melebihi batas yang telah ditentukan tingkat kenaikan
diperlambat (atau bahkan berhenti) setelah itu. Seni pengaturan kompresor
terutama dalam fine-tuning besarnya, kecepatan dan waktu perubahan gain otomatis
sehingga proses kompresi tidak meninggalkan bekas. Bagaimana bisa mengurangi puncak
amplitudo membuat suara tampak lebih keras? Untuk
memahami ini kita perlu mempertimbangkan
cara pendengaran kita menafsirkan
start (attack) dan body (sustain) porsi suara. Attack (pertama ~ 10 ms) digunakan
untuk membentuk kesan dari warna nada, kejelasan, kerenyahan dan pukulan,
sedangkan Sustain berkontribusi paling besar
terhadap persepsi kenyaringan.
Dengan demikian yang paling penting persepsi kenyaringan karena berasal dari sebuah gabungan (rata-rata) dari sebelumnya
600-1000 ms untuk suatu waktu tertentu. Attack transien (durasi sangat pendek) tidak punya banyak bobot (karena pendeknya durasi)
seperti mempertahankan porsi suara. Menurunkan
amplitudo transien puncak, membebaskan head room untuk meningkatkan keuntungan dari
bagian sinyal (setelah
kompresi), maka langkah ini yang meningkatkan kenyaringan. Namun, seperti yang kita disinggung sebelumnya, kompresi merupakan trade-off antara
dinamika dan kenyaringan,hahahahahaha............
selamat datang ke perang kenyaringan!
Ada tiga bagian yang
perlu di perhatikan
Loudnes, Envelope, Noise
gate.
Walaupun
Nama dari Knob pada gambar sama tapi fungsinya berbeda karna telah terpartisi
dan di bawah ini adalah penjelasannya
untuk fungsinya tekan Comp |
Loudness
Kontrol
ini mempengaruhi
masukan dan batas kompresi untuk Fruity Limiter.
GAIN (ungu) : Post output kompresi (makeup) Gain.
THRESH (Biru) : Ambang batas Kompresor. Mengatur tingkat di atas sinyal yang akan dikompresi.
Untuk menonaktifkan
tahap kompresor tarik Thresh ke (0 dB)
tingkat maksimum.
RATIO (Biru) : Rasio kompresi. Mengatur toleransi kompresi yang akan
diterapkan setelah
ambang batas
telah terlampaui.
KNEE (Biru) : Tingkat Kompresi. Mengatur transisi antara tidak dan penuh dengan kompresi.
Rasio kompresi dapat
diatur untuk meningkatkan secara bertahap (soft knee)
atau cepat
(hard knee ). Selubung kompresi akan
menampilkan sementara
tombol di aktifkan.
Envelope
ATT (Attack
time) : Mengatur seberapa cepat respon awal sinyal (dalam ms).
CATATAN: Atacktime ini terkait dengan fungsi yang menambahkan penundaan
ke plugin audio. Untuk
Antisipasi, agar 'Plugin penundaan kompensasi> otomatis' pilih Mengatur seberapa cepat sampul merespon awal
sinyal (dalam ms). CATATAN: Waktu serangan
ini terkait dengan 'melihat' fungsi yang menambahkan
penundaan ke plugin audio. Untuk memperbaiki
hal ini, memastikan bahwa agar
'Plugin penundaan kompensasi> otomatis' pilihan pada menu Mixer ketika
menggunakan Fruity Limiter. Pengaturan lebih
besar dari 0 ms pada menu Mixer ketika
menggunakan Fruity Limiter.
CURVE (Attack & Release curve) : Pilih dari kurva 1
(lereng curam) sampai 8 (lereng rendah). Kontrol ini menetapkan baik Attack
dan Release curves.
Sidechain : Ini pemilih Works dalam hubungannya dengan Mixer Sidechain (Track
Send) routing. Pilihan
Sidechain tidak akan
tersedia sampai satu atau lebih track Sidechain diatur dalam Mixer
(kecuali jika Fruity Limiter berada
di jalur Master Mixer, ketika
semua trek tersedia). Sidechain ini dikirim dari Sidechain
sumber Mixer trek
ke Fruity Limiter
Mixer trek
Noise Gate
Untuk fungsinya tekan limit |
GAIN (Noise gain) : Mengatur tingkat sinyal dalam
kondisi tertutup (default 100%, yaitu tidak ada gating). Aktifkan ke
kiri untuk lebih banyak efek gating.
THRESH (Noise threshold) : Gate threshold. Ketika tingkat input melewati ambang Kebisingan terbuka (seketika). Gate release terpicu ketika sinyal jatuh di bawah threshold ini sama untuk menghentikan sinyal.
REL - (Noise release time) : Gate ini berguna untuk menekan suara yang kadang-kadang menjadi terdengar di ekor-akhir sangat terdengar ketika tingkat tinggi (kompresi post) gain digunakan. Hal ini juga dapat digunakan untuk tujuan yang kreatif, seperti suara klasik 'snare gated'. Tempatkan reverb heavy panjang pada snare, kemudian atur Gain gate ke minimum, Release tinggi dan Threshold untuk membuka pada hit snare awal. Tune panjang release untuk mencocokkan BPM trek.
andai aja Fruity Limiter bisa di pake di media player mengasyikan sekali..............
kamu juga dapat melihat penjelasan melalui Vidio di Grup ini
mumpung saya bikin artikel ini sebelum puasa ga ada salahnya kan
saya ucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankannya
Sip gan akhirnya ane tahu fungsi knob-knob maximus & fruity limiter, walaupun selama ini ane mastering & mixing pake preset yang tersedia
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapus